Senin, 26 November 2012

Pengertian Kurikulum Menurut Ahli



PENGERTIAN KURIKULUM MENURUT PARA AHLI
1.    Kurikulum adalah Rancangan Pengajaran atau sejumlah mata pelajaran yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan suatu program untuk memperoleh ijazah. (Crow and Crow)
2.    Kurikulum adalah sebagai sebuah perencanaan untuk memperbaiki seperangkat pembelajaran untuk seseorang agar menjadi terdidik (J. Galen Saylor, William M. Alexander, and arthur J. Lewis dalam Oliva 1991:6)
3.    Kurikulum sekolah adalah konten dan proses formal maupun non formal di mana pebelajar memperoleh pengetahuan dan pemahaman, perkembangan skil, perubahan tingkah laku, apresiasi, dan nilai-nilai di bawah bantuan sekolah (Ronald C. Doll dalam Oliva, 1991:7)
4.    Kurikulum adalah rekonstruksi dari pengetahuan dan pengalaman secara sistematik yang dikembangkan sekolah (atau perguruan tinggi), agar dapat pebelajar meningkatkan pengetahuan dan pengalamannnya (Danniel Tanner and Laurel N. Tanner dalam Oliva, 1991:7)
5.    Kurikulum adalah sejumlah pengalaman pendidikan kebudayaan, sosial, olahraga, dan kesenian yang disediakan oleh sekolah bagi murid-murid di dalam dan di luar sekolah dengan maksud menolongnya untuk berkembang menyeluruh dalam segala segi dan merubah tingkah laku mereka sesuai dengan tujuan-tujuan pendidikan.                          (Dr. Addamardasyi dan Dr. Munir Kamil)









Analisis (pembahasan) menurut kemlompok kami  :
Definisi : Kurikulum adalah Rancangan Pengajaran atau sejumlah mata pelajaran yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan suatu program untuk memperoleh ijazah. (Crow and Crow)
Analisa :
1.      Definisi kurikulum menurut crow and crow untuk di era globalisasi seperti sekarang ini kurang sesuai,  karena di zaman globalisasi tujuan pembelajaran dan system kurikulum bukan hanya untuk sekedar mendapatkan ijazah, tetapi juga untuk mengetahui kemampuan atau skill peserta didik yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta menempuh  dunia kerja .

2.      Disamping itu kurikulum pendidikan  juga memperhatikan dan membimbing terhadap segala pribadi pelajar baik dari segi intelektual, psikologis, social dan spiritualnya. Disamping menaruh perhatian kepada pengembangan dalam aspek spiritual bagi pelajar, dan membina aqidah yang benar, dan menguatkan hubungannya dengan tuhan, kurikulum pendidikan  juga menaruh perhatian dalam pengembangan akal pelajar dan mengembangkan sesuatu yang berkaitan dengan akal.

Kesimpulan :
Definisi kurikulum menurut kelompok kami adalah suatu system pembelajaran yang terdiri dari beberapa aspek penting seperti intelektual, psikologis,social dan spiritual yang berfungsi mengetahui dan mengembangkan potensi peserta didik dalam bidang akademik maupun non akademik disamping tujuan utamanya adalah mendapatkan ijazah sebagai tanda keberhasilan dalam belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar