PENGERTIAN KURIKULUM MENURUT PARA AHLI
1.
Kurikulum
adalah Rancangan Pengajaran atau sejumlah mata pelajaran yang disusun secara
sistematis untuk menyelesaikan suatu program untuk memperoleh ijazah. (Crow
and Crow)
2.
Kurikulum
adalah sebagai sebuah perencanaan untuk memperbaiki seperangkat pembelajaran
untuk seseorang agar menjadi terdidik (J. Galen Saylor, William M. Alexander, and arthur
J. Lewis dalam Oliva 1991:6)
3.
Kurikulum
sekolah adalah konten dan proses formal maupun non formal di mana pebelajar
memperoleh pengetahuan dan pemahaman, perkembangan skil, perubahan tingkah
laku, apresiasi, dan nilai-nilai di bawah bantuan sekolah (Ronald
C. Doll dalam Oliva, 1991:7)
4.
Kurikulum
adalah rekonstruksi dari pengetahuan dan pengalaman secara sistematik yang
dikembangkan sekolah (atau perguruan tinggi), agar dapat pebelajar meningkatkan
pengetahuan dan pengalamannnya (Danniel Tanner and Laurel N. Tanner dalam Oliva,
1991:7)
5.
Kurikulum
adalah sejumlah pengalaman pendidikan kebudayaan, sosial, olahraga, dan
kesenian yang disediakan oleh sekolah bagi murid-murid di dalam dan di luar
sekolah dengan maksud menolongnya untuk berkembang menyeluruh dalam segala segi
dan merubah tingkah laku mereka sesuai dengan tujuan-tujuan pendidikan. (Dr.
Addamardasyi dan Dr. Munir Kamil)
Analisis
(pembahasan) menurut kemlompok kami :
Definisi :
Kurikulum adalah Rancangan
Pengajaran atau sejumlah mata pelajaran yang disusun secara sistematis untuk
menyelesaikan suatu program untuk memperoleh ijazah. (Crow and Crow)
Analisa :
1. Definisi
kurikulum menurut crow and crow untuk di era globalisasi seperti sekarang ini
kurang sesuai, karena di zaman
globalisasi tujuan pembelajaran dan system kurikulum bukan hanya untuk sekedar
mendapatkan ijazah, tetapi juga untuk mengetahui kemampuan atau skill peserta
didik yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta
menempuh dunia kerja .
2. Disamping
itu kurikulum pendidikan juga
memperhatikan dan membimbing terhadap segala pribadi pelajar baik dari segi intelektual,
psikologis, social dan spiritualnya. Disamping menaruh perhatian kepada
pengembangan dalam aspek spiritual bagi pelajar, dan membina aqidah yang benar,
dan menguatkan hubungannya dengan tuhan, kurikulum pendidikan juga menaruh perhatian dalam pengembangan akal
pelajar dan mengembangkan sesuatu yang berkaitan dengan akal.
Kesimpulan :
Definisi kurikulum
menurut kelompok kami adalah suatu system pembelajaran yang terdiri dari
beberapa aspek penting seperti intelektual, psikologis,social dan spiritual
yang berfungsi mengetahui dan mengembangkan potensi peserta didik dalam bidang
akademik maupun non akademik disamping tujuan utamanya adalah mendapatkan
ijazah sebagai tanda keberhasilan dalam belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar